Pencapaian Aspek Afektif Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Limbanang Kabupaten Lima Puluh Kota

Abstract

Pada diri peserta didik telah tertanam suatu sikap atau tingkah laku maka guru atau pendidik dan wali muridlah yang harus menuntun dan mengarahkan mereka untuk berakhlak mulia. Madrasah sebagai salah satu lambang pendidikan Islam dan menjadi loncatan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan mempunyai peranan yang penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Secara operasional aspek afektif dapat dirumuskan bahwa suatu kegiatan atau cara untuk mencapai tingkah laku yang baik. Jenis penelitian ini yang penulis lakukan adalah bersifat field research dengan metode deskriptif yang menggambarkan tentang pencapaian aspek afektif pembelajaran akidah akhlak di MTsN Limbanang Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian yang penulis lakukan di Madrasah Tsanawiyah MTsN Limbanang Kabupaten Lima Puluh Kota sesuai dengan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang penulis lakukan tentang beberapa hal yaitu aspek afektif yang harus dicapai dalam pembelajaran akidah akhlak, pengawasan guru terhadap siswa di lapangan atau di luar jam sekolah, dan kendala pencapaian aspek afektif dalam pembelajaran akidah akhlak.