Kontribusi Soft Skill dan Hard Skill dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi soft skill dan hard skill dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam. Permasalahannya adalah bahwa aspek soft skill dan hard skill yang semestinya mendapat porsi yang seimbang dimiliki oleh setiap guru PAI, justru yang lebih mendapat prioritas sekarang ini adalah pembinaan aspek hard skill. Padahal kontribusi soft skill lebih besar terhadap keberhasilan dan kesuksesan guru PAI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soft skill berkontribusi membantu guru PAI membangun interaksi dan komunikasi yang efektif baik secara interpersonal maupun intrapersonal. Sementara hard skill berkontribusi menjadikan guru PAI terampil secara teknis dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Mengingat urgensi soft skill yang lebih besar dan menyikapi upaya pembinaan kompetensi guru PAI yang kurang proporsional selama ini antara soft skill dan hard skill, maka perlu kiranya pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan untuk dapat memfasilitasi pelatihan yang berorientasi kepada pembinaan soft skill guru PAI.