Meneladani Rasulullah SAW sebagai Pendidik yang Memudahkan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam hakikat dan makna pendidikan yang memudahkan seperti dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Pembahasan ini berangkat dari fenomena pendidik yang memiliki kecenderungan menyulitkan peserta didik. Penelitian ini merupakan library research yang merujuk kepada hadis-hadis Rasulullah SAW sebagai sumber data primer kemudian didukung dengan sumber-sumber lain yang relevan sebagai sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan yang memudahkan seperti yang dipraktikkan oleh Rasulullah SAW meliputi setiap usaha sadar Rasulullah SAW yang mencakup berbagai model, pendekatan, metode dan teknik-teknik yang digunakan oleh Rasulullah SAW dalam mendidik yang dengan semua itu peserta didik dapat dengan mudah memahami ilmu-ilmu agama yang ditransfer oleh Rasulullah SAW (kognitif), menghayati nilai-nilai dan norma yang diinternalisasikan oleh Rasulullah (afektif) serta mengamalkan praktik amaliyah yang didemonstrasikan oleh Rasulullah SAW (psikomotor). Tidak mustahil berbagai model, pendekatan, metode dan teknik-teknik yang dihasilkan oleh para ahli pendidikan pada zaman modern ini justru sudah pernah diterapkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini mengisyaratkan bahwa Islam memiliki khazanah ilmu kependidikan yang sangat kaya dan luas. Sebab itulah kedatangan Rasulullah SAW dan agama yang dibawanya disebut dengan rahmatan lil ‘alamin.