Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 8 Padang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persiapan guru agama dalam implementasi kurikulum 2013 pada bidang studi PAI dan Budi Pekerti di SMPN 8 Padang, untuk mendeskripsikan pelaksanaannya, dan penilaian dalam kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bidang studi (PAI), peserta didik, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik pengolahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah persiapan guru agama dalam implementasi kurikulum 2013 pada bidang studi PAI dan Budi Pekerti di SMPN 8 Padang yaitu membuat prota, promes, mengembangkan silabus, dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pelaksanaan kurikulum 2013 terjadi dalam kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, pengambilan absen, appersepsi, membagi kelompok, melakukan pengelolaan kelas dan penyampaian tujuan pembelajaran. Kemudian kegiatan inti terdiri dari lima kegiatan yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil. Kegiatan penutup, menyimpulkan materi pelajaran dan salam penutup. Problematika yang dihadapi oleh guru yaitu penilaian yang rumit, keterbatasan buku, dan media yang tidak lengkap. Penilaian kurikulum 2013 yaitu penilaian yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyimpulkan bahwa persiapan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMPN 8 Padang sudah baik, namun pelaksanaannya belum maksimal karena diantara guru PAI tersebut masih ada yang belum melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah dalam kurikulum 2013. Dengan demikian hendaknya dilakukan pelatihan kembali mengenai perubahan dalam kurikulum 2013, serta adanya kerjasama antar guru dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam pelaksanaan kurikulum 2013.