Hubungan Kompetensi Guru PAI Dengan Hasil Belajar Siswa di SMP 5 Kota Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kompetensi guru PAI dengan hasil belajar siswa, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik analisis hipotesis asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam ketegori sedang yaitu sebanyak 17 orang (51,51%). Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu dalam kategori sedang yaitu sebanyak 28 orang (84,85%). Kompetensi profesional guru secara signifikan memiliki hubungan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa. Hal ini dibuktikan dengan analisis korelasi pada taraf signifikan r hitung yaitu (0,961) lebih besar dari r tabel yaitu (0,344) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang diterima ini berarti terdapat hubungan yang positif antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu.