Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang

Abstract

Metode tartil dapat diterapkan agar siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memahami materi dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri serta mampu membaca, menulis dan melagukan secara muratal tingkatan-tingkatan irama tartil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode tartil dalam pembelajaran PAQ siswa kelas XII di SMK N I Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes lisan kelas eksperimen 82 dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 80,8261. Sedangkan perolehan rata-rata tes lisan kelas eksperimen 77,73913, dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa tes lisan kelas eksperimen adalah 4,348%, sedangkan pada kelas kontrol 8,696 %. Dalam hasil belajar menunjukan bahwa rata-rata nilai post tes kelas eksperimen 77,73913 dan rata-rata kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa post tes kelas eksperimen adalah 74%, sedangkan pada kelas kontrol 52%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anova dengan bantuan SPSS versi 22 didapatkan sign alpa (0,021.< 0,005), maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Metode Tartil dengan Metode Bagdhadiah pada mata pelajaran PAQ kelas XII di SMK N I Gunung Talang.