Soft Skills Guru Pendidikan Agama Islam di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Kota Pekanbaru ( Studi Kasus Di SMPN 4 Pekanbaru)

Abstract

Saat ini guru umumnya terfokus pada pembinaan dan peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional atau dikenal dengan istilah hard skill dan jarang yang beroreantasi pada peningkatan soft skills. Padahal, hasil riset dan survey menunjukkan bahwa soft skills jauh lebih penting. Perbandingan antara soft skill dan hard skill bisa mencapai 80%:20% dalam pencapaian keberhasilan seorang termasuk guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran soft skills guru Pendidikan Agama Islam dengan kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pekanbaru dan upaya pengembangannya. Dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara, serta teknik analisa datanya menggunakan Miles dan Hubermen teknik, maka penelitian ini menemukan bahwa soft skills guru PAI di SMPN 4 Pekanbaru termasuk kategori baik dan mereka telah berupaya untuk mengembangkan soft skills-nya dengan cara meningkatkan intrapersonal dan interpersonal skillnya.