Strategi Guru Asrama dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas VIII di Pondok Pesantren Thawalib Kota Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan usaha yang dilakukan guru asrama dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas VIII di Pondok Pesantren Thawalib Kota Padang, kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas VIII di Pondok Pesantren Thawalib Kota Padang, dan kendala yang dihadapi guru asrama dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas VIII di Pondok Pesantren Thawalib Kota Padang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dengan teknik analisa deskriptip kualitatif, dengan langkah sebagaiberikut memeriksa data, mengklarifikasi data, menganalisa data dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa usaha guru asrma dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu: (1) guru membuat beberapa program, program tahfidz, program kelompok dan program individu,(2) menggunakan beberapa metode,metode qiraati, metode iqra’, metode talaqqi, metode sas dan metode baghdadiyah, (3) guru memeberikan beberapa motivasi berupa reward dan pujian kepada santri,(4) santri sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan kaidah ilmu tajwid dan menggunakan irama, tetapi masih ada sebagian kecil santri yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an, (5) kendala yang ditemui guru asrama yaitu kurangnya motivasi dan minat santri, kemam puansantri yang beragam, dan jam pelajaran yang tidak mencukupi/kurang.