Upaya Guru dalam Membina Akhlak Siswa di MTsS PGAI Padang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam membina akhlak siswa di dalam kelas, luar kelas, kendala yang dihadapi serta usaha yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi di MTsS PGAI Padang. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa upaya guru dalam membina akhlak siswa di MTsS PGAI Padang telah maksimal, hal ini terlihat dari pembinaan yang dilakukan guru di dalam kelas berupa menyampaikan materi, keteladanan, melarang siswa mencontek ketika ujian, menegur dan menasehati siswa yang tidak serius dalam belajar serta memberi hukuman yang mendidik kepada siswa yang melakukan kesalahan, untuk pembinaan di luar kelas guru memberikan keteladanan, sholat zuhur berjama’ah, kultum seti ap habis sholat yang diberikan oleh guru dan siswa, upacara bendera dan selalu ikut serta dalam kegiatan keagamaan. Kendala yang dihadapi dalam membina akhlak siswa di MTsS PGAI adalah gencarnya pengaruh dari luar: (internet,televisi, hp), rendahnya pendidikan sebahagian orang tua siswa sehingga mereka beranggapan madrasahlah yang dapat merubah prilaku anak mereka. Usaha untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh guru adalah mengadakan kejasama dengan majlis guru, karyawan dan orang tua siswa di bawah bimbingan kepala madrasah, melakukan pendekatan secara langsung dan memberikan nasehat kepada siswa secara berkelanjutan.