PENGARUH STRATEGI BELAJAR MURDER DENGAN SETTING BELAJAR KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 KERINCI
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci. Hal ini terlihat pada hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diperoleh siswa, dan juga dari pengalaman, hasil observasi, dan wawancara dengan guru-guru matematika SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi belajar MURDER dengan setting belajar kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan Randomized Group Control Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa sebagai kelas eksperimen dan VIIIb sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari tes awal untuk melihat kemampuan awal siswa dan tes akhir untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji Mann Whitney U.Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan Strategi belajar MURDER dengan setting belajar kelompok lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pembelajaran konvensional