STUDI EKSPERIMENTAL PANDUAN PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH BOTANI PHANEROGAMAE MAHASISWA SEMESTER III JURUSAN TADRIS BIOLOGI IAIN KERINCITAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Dalam melakukan praktikum tentunya dibutuhkan panduan praktikum. Panduan praktikum yang membantu dalam pengembangan sikap dan kinerja ilmiah mahasiswa. Penelitian ini menggunakan Metode Campuran (Mixed Methods). Dalam penelitain metode campuran (Mixed Methods) ini akan menggunakan pendekatan Explanatory Sequential  Design (Rancangan Sekuensial Eksplanatoris). Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa  Biologi semester III IAIN Kerinci yang mengontrak matakuliah Botany Phanerogamae yang berjumlah 110 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIIA yang berjumlah 27 orang. Dari analisis data didapatkan nilai rata-rata kelompok yang tidak menggunakan penuntun sebesar 74,07 dan kelompok yang menggunakan penuntun sebesar 84,93. Berdasarkan analisis data uji-t dengan simpangan baku kedua kelompok 15,46 didapatkan harga thitung sebesar 2,39 dan ttabel pada taraf nyata α=0,05 dan dk=26 didapat sebesar 1,674. Hal ini memperlihatkan bahwa thitung>ttabel. Ini berarti tolak Ho dan terima H1.  Artinya Terdapat pengaruh hasil ujian Praktikum mahasiswadengan menggunakan Panduan Praktikum Botany Phanerogamae Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan data di atas dapat peneliti simpulkan bahwa dengan menggunakan penuntun praktikum nilai mahasiswa menjadi lebih baik dari sebelumnya.