PENGARUH PERILAKU TERPUJI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU SHOFIYATUL HUDA SUKARESMI
Abstract
ABSTRACTTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) realitas perilaku terpuji siswa, realitas prestasi belaajar siswa, pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 61 dan merupakan sampel seutuhnya dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angkat dan tes. Instrumen dikembangkan oleh peneliti sendiri dari konstruksi teori dengan variabel perilaku terpuji siswa terdiri dari 15 pernyataan dan data prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari 15 tes pertanyaan. Hasil penelitian yaitu realitas perlaku terpuji siswa positif, hal ini didaapatkan nilai perhitungan rata-rata= 3, 94, angka ini termasuk kategori tinggi, karena berada pada rentang nilai 3,5 – 4,5. Sedangkan realitas prestasi belajar siswa adalah 84,02, hal ini menunjukkan bahwa kualifikasi baik sekali karena berada pada interval 80-100. Adapun untuk keterkaitan keduanya yakni pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mempunyai kategori sedang dengan nilai 0,46 berada pada rentang 0,40-0,70. Adapun untuk nilai thitung = 3,96 lebih besar dibandingkan ttabel =1,67 menyatakan bahwa hipotesis nol yang menyatakan tidak ada pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ditolak. Angka koefisien korelasi mempunyai kadar pengaruh 11%.