TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNING) HUBUNGANNYA DENGAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FIKIH MATERI MAWARIS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menangkap materi yang dipelajari, dan kurangnya pengaplikasian hukum waris menurut Islam di masyarakat sedangkan aturan dan tata pelaksanaan sudah jelas dalam al-Qur’an dan hadist. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan strategi KWL dengan pemahaman siswa. Penelitian dilakukan di kelas XI MAS Mathla’ul Huda Manggahang Baleendah Kab. Bandung dengan jumlah sampel 30 siswa. Penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa Angket, tes, observasi, dan strudi pustaka. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap strategi KWL (Know-Want to know-Learning) dengan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih materi mawaris. Hal ini dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang di dapatkan thitung 2,23 > ttabel = 2,048 artinya Ha di terima dan Ho di tolak. Sedangkan besarnya pengaruh tanggapan siswa terhadap strategi KWL terhadap pemahaman siswa sebesar 8 %.