IMPLEMENTASI KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN KARAKTER ISLAMI

Abstract

Artikel ini mengungkap implementasi kegiatan mentoring keagamaan di SMA Negeri Cimanggung Kabupaten Sumedang baik dari segi tujuan, proses, evaluasi, hambatan dan kertcapaian dari kegitan mentoring tersebut. Hasil kajian menunjukan 1) tujuan mentoring (a) menanamkan dan menumbuhkan karakter siswa; secara praktik; (b) membentuk kepribadian yang baik sesuai dengan al Quran dan As Sunnah, 2) Proses implementasi dilakukan dengan (a) integrasi mata pelajaran PKn, PAI, yang dikembangkan dalam silabus dan RPP; (b) program ditetapkan disekolah; (c) pengembangan karaker Islami melalui program pengembangan diri dan ekstrakurikuler, 3) Evaluasi meliputi program dan hasil belajar, 4) Kendala meliputi (a) komponen sarana, prasarana, keuangan kurangnya pementor, media dan metode; (b) kendala dimensi: waktu dan dan tempat; (c) kurangnya kesadaran siswa dan tidak ada standar criteria pementor, 5) Keberhasilan program mentoring menunjukan adanya rasa bangga menjadi muslim, keseimbangan emosional dan intelektual dan terciptanya ukuwah antara siswa dan guru. Rekomendasi untuk penelitian berikutnya perlu kajian implementasi pendidikan karakter Islami pada jenjang dasar dan tinggi serta kajian yang lebih spesifik pada aspek karakter terentu.