PROSES EVALUASI HASIL BELAJAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MTs Al-JAWAMI
Abstract
Proses evaluasi hasil belajar dalam implementasi kurikulum 2013 lebih menyeluruh dibandingkan dengan KTSP atau kurikulum-kurikulum sebelumnya. Evaluasi ini disebut authentic assessment atau penilaian otentik. Namun pada praktiknya, guru-guru masih merasa kesulitan melaksanakan prosedur evaluasi pada kurikulum baru ini. Terutama di madrasah yang implementasi kurikulum 2013 ini masih kurang mendapat perhatian yang serius. Hal tersebut yang menjadi latar belakang penelitian ini. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Jawami Cileunyi Bandung yang telah menggunakan kurikulum ini sejak tahun 2015. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Dari hasil wawancara, peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013 di MTs Al-Jawami secara keseluruhan telah berjalan dengan cukup baik, para siswa telah dapat dibuat untuk lebih aktif dan kreatif, dan para guru lebih kreatif dalam menciptakan pembelajaran menyenangkan yang berpusat pada siswa. Namun sayangnya pembelajaran yang baik itu belum diiringi dengan evaluasi sebagai mana mestinya evaluasi hasil belajar dalam implementasi kurikulum 2013. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini diantaranya dirasa kurangnya pelatihan, sarana dan prasarana yang belum memadai, serta kurangnya pemahanan tentang teknologi komputer bagi beberapa guru MTs Al-Jawami.