PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan rendahnya  kreativitas belajar siswa di kelas. Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang cenderung hanya mendengar dan mencatat pelajaran yang diberikan guru, siswa enggan bertanya dan mengemukakan pendapat saat pembelajaran berlangsung, sehingga berakibat pada menurunnya prestasi belajar siswa. Tujuan dari pelaksanaan PTK ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi Iman kepada qadha dan qadar dengan menerapkan model make a match di Kelas XII IPA-1 SMA Negeri 1 Pasie Raja, Aceh Selatan. Pelaksanaan PTK ini dilakukan melalui dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dari PTK ini, yaitu, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, hasil belajar atau jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (>55) minimal 75%, dan performansi guru dalam pembelajaran minimal B (>70). Hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian hasil belajar siswa kelas XII IPA-1 pada siklus I,  yaitu: (1) performansi guru 56,67 % dengan kategori kurang aktif; (2) aktivitas siswa 54,81% berkategori kurang aktif; (3) hasil belajar rata-rata 67.60 % belum mencapai nilai KKM. Hasil belajar pada siklus II, yaitu: (1) performansi guru 85,83 % berkategori aktif; (2) aktivitas siswa 83,65 % berkategori sangat aktif; (3) hasil belajar rata-rata 77.82, sudah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran agama, khususnya materi iman kepada qhada dan qadar, di samping dapat meningkatkan aktivitas atau performansi guru agama ketika mengajar di SMA Negeri 1 Pasie Raja tahun pelajaran 2016/2017.  Kata Kunci : Hasil Belajar dan Model Make a Match