PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA LULUSAN SEKOLAH DASAR (SD) DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah prestasi, di mana siswa harus mendapatkan prestasi yang baik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa yang berasal dari SD dan MI pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Tapaktuan Aceh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Tapaktuan, dengan jumlah sampel 25 orang siswa lulusan dari SD dan 25 orang siswa lulusan dari MI. Adapun uji hipotesis yang digunakan adalah independen sampel T tes, sedangkan instrumen yang digunakan dalam bentuk studi dokumentasi (nilai rapor), serta teknik pengolahan datanya menggunakan program Statistical Product and Service Solution atau SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa lulusan SD dan MI, karena signifikansi di atas 0,05, artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Penelitian ini disarankan kepada guru bidang studi pendidikan agama Islam agar terus berusaha meningkatkan prestasi belajarnya, sehingga mencapai hasil yang memuaskan. Kata Kunci : Perbedaan dan Prestasi Belajar, SD dan MI