KONSEP INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN

Abstract

Gagasan pemikiran Ahmad Dahlan masih bertebaran di dalam berbagai karyanya. Gagasan pemikirannya dalam bidang pendidikan, khususnya dalam tentang hakikat/ tujuan pendidikan dan pembaharuan kelembagaan pendidikan Islam, yang dapat diungkap dengan melalui content analysis. Hasil kajian menunjukkan bahwa hakikat/ tujuan pendidikan Islam menurut Ahmad Dahlan adalah ingin menjadikan manusia yang beriman, maju dan jangan pernah lelah dalam bekerja, baik dunia maupun akhirat, yang diimplementasikan ke dalam pendidikan akhlak, individu dan masyarakat. Sedangkan pemikiran beliau tentang pembaharuan lembaga pendidikan dengan melalui modernisasi sistem pendidikan yaitu menukar sistem pesantren dengan sistem pendidikan yang modern sesuai dengan tuntutan zaman. Usaha tersebut diwujudkan dalam bentuk lembaga pendidikan yang bersifat spesifik, yaitu mengadopsi sistem persekolahan Barat, berupa perpaduan kurikulum pendidikan umum dan agama di sekolah. Kata Kunci : Tujuan, Pendidikan & Ahmad Dahlan