KONSEP PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN IBNU SINA

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi oleh sistem pendidikan nasional yang sedang berjalan sekarang ini, merupakan adopsi dari teori-teori pendidikan Barat. Sementara teori-teori pendidikan Islam terkadang sering ditinggalkan atau diabaikan bahkan tidak tahu sama sekali membedakan mana teori pendidikan yang berasal Barat dan mana pula yang berasal dari dunia Islam. Pada hal antara teori pendidikan Barat dan Islam terdapat perbedaan yang cukup mendasar. Pada dasarnya, banyak para pemikir Islam masa klasik, yang sudah memformulasikan sistem pendidikan, di antaranya adalah Ibnu Sina. Untuk memperoleh data yang relevan dengan permasalahan ini saya menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu dengan memberikan gambaran yang jelas tentang ide-ide dan pemikiran yang dikembangkan Ibnu Sina tentang konsep pendidikan di samping berusaha untuk mencoba menganalisisnya serta membandingkan dengan konsep pendidikan modern sekarang ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemikiran Ibnu Sina tentang konsep pendidikan dapat dilihat melalui tujuan, materi, metode, pendidik dan hukuman. Konsep tersebut masih sangat aktual dan relevan untuk dikembangkan dan patut ditiru serta dikembangkan  oleh praktisi pendidikan di zaman modern ini.  Kata Kunci : Pemikiran Ibnu Sina