PERAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan. Kepala sekolah adalah salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam menentukan keberhasilan suatu lembaga pendidikan, karena kepala sekolah harus mampu membawa lembaganya ke arah tujuan yang telah ditetapkan, dan kepala sekolah harus mampu melihat adanya perubahan serta mampu melihat masa depan dalam kehidupan global yang lebih baik. Peran kepala sekolah adalah sebagai edukator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator atau disingkat dengan (EMASLIM). Namun realita di lapangan SMP Negeri 3 Kluet Utara terlihat bahwa peran kepala sekolah belum seluruhnya berjalan secara optimal. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai EMASLIM di SMP 3 Kluet Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data berupa teknik analisis interaktif yaitu redaksi data, penyajian data, verifikasi data yang saling berinteraksi. Hasil penelitian peran kepala sekolah sebagai edukator, manajer, motivator, sudah dijalankan dengan baik sesuai dengan teori yang dijelaskan. Dan peran kepala sekolah sebagai administrator, supervisor, leader, dan inovator, sudah juga dijalankan yang namun belum secara baik dan optimal dijalankannya. Kepala sekolah sudah melakukan perannya masing-masing sebagai, tetapi ada juga peran tersebut belum sesuai dikerjakan oleh sebagian kepala sekolah. Penelitian ini disarankan kepada SMP Negeri 3 Kluet Utara untuk dapat menjalankan perannya sesuai dengan tupoksi yang telah digariskan, sehingga terciptakan hubungan silaturahmi dan rasa kekompakan sesama personil guru, sehingga kepala sekolah dapat mengaturnya dengan baik. Kata Kunci : Peran & Kepala Sekolah