MADRASAH SEBAGAI ALTERNATIF LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MEODERN DI INDOENSIA

Abstract

Madrasah merupakan institusi pendidikan yang tumbuh dan berkembang oleh dan dari masyarakat. Kehadiran madrasah “model” merupakan respons terhadap tuntutan masyarakat terhadap signifikansi mutu madrasah berhadapan dengan tantangan global sekarang ini. Ke depannya, madrasah juga perlu memiliki mutu yang mampu berkompetisi dengan lembaga pendidikan lain.  Adapun aspek modernisasi yang perlu diperhatikan di madrasah antara lain adalah pengembangan kelembagaan, orientasi pembelajaran ilmu-ilmu agama semakin inklusif, pembelajaran ilmu-ilmu pengetahuan umum, dan perubahan mindset terhadap tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah demikian tinggi perlu disadari oleh guru-guru di madrasah. Beberapa contoh madrasah model dan unggul, serta difavoritkan masyarakat di antaranya yang telah terkenal lama adalah Madrasah Aliyah Negeri berasrama Insan Cendekia Serpong Tangerang, Madrasah Ibtidaiyah (MIN) I Malang, Madrasah Pembangunan (MP) UIN Jakarta di Ciputat, MAN Model Singkawang, MAN Model Banda Aceh dan tentu masih banyak yang lain, yang tidak sedikit dijumpai terutama di kawasan perkotaan. Secara kualitas, pendidikan di madrasah tersebut nyaris mengimbangi keunggulan pendidikan di sekolah. Bahkan, di madrasah tertentu, kualitas madrasah telah mampu bersaing secara terbuka dan sederajat dengan “trade mark” lembaga pendidikan sekolah yang lebih dahulu difavoritkan masyarakat. Kata Kunci : Madrasah, Pendidikan Islam, Modern dan Indonesia