KONSEP MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DAN IMPLEMENTASINYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya temuan bahwa program manajemen berbasis sekolah (MBS) kurang berjalan efektif di sekolah, sehingga berpengaruh pada peningkatan mutu. Semestinya, dengan adanya program MBS dapat mempermudah peningkatan mutu pendidikan, sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik bagi pihak sekolah. Untuk kepentingan tersebut, diperlukan adanya kajian, untuk melihat tentang pelaksanaan MBS di sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelaksanaan program manajemen berbasis sekolah pada umumnya sudah berjalan, walaupun dalam penerapan MBS memerlukan dana dan prasarana sebagai persyaratan mutlak di antara persyaratan lainnya. Karena itu, perlu adanya sosialisasi yang baik yang diberikan oleh pihak sekolah terhadap masyarakat dan stakholders dalam penerapan MBS di sekolah. Hasil kajian ini dapat dijadikan kebijakan dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat tentang pentingnya peran MBS dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Kata Kunci : Konsep, MBS dan Implementasinya