PENGARUH KINERJA GURU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan rendahnya motivasi belajar siswa di kelas. Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang kurang semangat dalam belajar, di mana siswa enggan bertanya dan mengemukakan pendapat saat pembelajaran berlangsung, sehingga berakibat pada menurunnya prestasi belajar. Salah satu faktornya disebabkan oleh masih rendahnya kinerja guru praktek pengalaman lapangan (PPL) di MTsN Samadua tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kinerja guru PPL terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel berjumlah 77 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen (angket sedangkan  teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 21 for Windows. Hasil pengujian hipotesis dari hasil korelasi dapat dijelaskan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kinerja guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan hasil determinasi (r2) sebesar 0,363, maka dapat diartikan bahwa  sebesar 36,3% motivasi siswa dipengaruhi oleh kinerja guru. Sedangkan sisanya 63,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar pembahasan penelitian ini. Kata Kunci : Kinerja Guru dan Motivasi Belajar