PERKEMBANGAN SOSIAL USIA PRA-SEKOLAH DAN USIA SEKOLAH DASAR SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN
Abstract
Kajian ini dilatarbelakangi kurangnya kepedulian pendidik (orang tua dan guru) terhadap perkembangan sosial anak (masa para sekolah maupun usia sekolah), sehingga terhambatnya perkembangan sosial dalam kehidupan anak tersebut. Karena itu, seorang pendidik harus memahami secara baik tentang asas psikologi ini, sebab asas ini merupakan salah satu asas yang melandasi jalannya pelaksanaan pendidikan Islam. Ini artinya, bahwa pelaksanaan pendidikan harus berbasis pada perkembangan anak, dalam hal ini, aspek perkembangan sosial sebagai salah satu unsur psikologis manusia merupakan elemen pokok dan paling utama yang menjadi ladang garapan dan unsur yang harus dioptimalkan oleh dunia pendidikan Islam, karena Islam mendorong setiap manusia untuk saling berinteraksi dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya, sebaliknya Islam melarang ummatnya untuk bersikap egois dan acuh tak acuh. Meski sudah banyak buku-buku yang bercerita tentang perkembangan sosial manusia, namun sangat sedikit pembahasan perkembangan sosial bila ditinjau dari tahap-tahap perkembangannya serta bagaimana implikasi Pendidikan Islamnya. Oleh karenanya, diperlukan kajian yang utuh tentang tahap perkembangan sosial di setiap fasenya, dengan demikian diharapkan formulasi pendidikan Islam dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak bisa didesain secara tepat. Kajian ini mencoba menggambarkan bagaimana tingkat perkembangan sosial manusia yang unik, terutama di usia Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Kajian ini juga merumuskan formulasi pendidikan agama yang sesuai dengan ciri-ciri perkembangan sosial manusia. Kata Kunci : Perkembangan Sosial dan Pendidikan