KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh begitu banyak siswa yang kurang berminat dalam pembelajaran agama di sekolah. Hal ini terjadi salah satunya disebabkan oleh kemampuan pedagogik guru agama belum optimal, hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru, baik dalam mendesain pembelajaran, kegiatan pembelajaran maupun dalam melakukan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru agama di SMP Negeri 1 Samadua sudah tercapai, tetapi belum optimal, hal ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator, di antaranya: (1) kemampuan guru agama dalam mendesain program tahunan, semester maupun mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sudah sangat lumayan; (2) kemampuan guru dalam menjalankan kegiatan inti pembelajaran, terutama berkaitan dengan penguasaan materi ajar, penggunaan metode yang bervariatif, penggunaan media dan juga teknik gaya mengajar guru agama belum optimal sedangkan (3) kemampuan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran, baik yang berkaitan dengan evaluasi sumatif maupun formatif dalam mata pelajaran agama juga belum optimal, namun perlu perbaikan. Para guru agama disarankan agar dapat meningkatkan profesionalismenya dalam mengajar, sehingga dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik