PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA LULUSAN MADRASAH ALIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH UMUM PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB

Abstract

Prestasi belajar merupakan suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seseorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya. Keberhasilan dalam mencapai prestasi tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor salah satunya seperti latar belakang sekolah atau asal sekolah yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula. Bagi mahasiswa yang memiliki latar belakang pendidikan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) belum memiliki pengalaman belajar bahasa Arab di sekolahnya, lain halnya dengan siswa yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA),  di mana pengetahuan tentang bahasa Arab yang mereka peroleh sebelumnya menjadi bekal, sehingga mudah menerima pelajaran bahasa Arab di  STAI Tapaktuan. Asumsi ini menjadikan indikasi bahwa latar belakang pendidikan siswa mempunyai peranan yang menentukan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai bahasa Arab mahasiswa baik yang lulusan SMA maupun MA dan juga ingin melihat apakah terdapat perbedaan prestasi antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi,  uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 21. Dari perhitungan menggunakan SPSS versi 21 yang menggunakan independen sample t tes diperoleh data yang mengindikasikan bahwa tidak terdapatnya perbedaan prestasi antara mahasiswa lulusan SMA dan MA, ini dikarenakan bahwa nilai t  hitung adalah -1.304 (sig < 0,05 ),  artinya tidak ada perbedaan prestasi antara mahasiswa yang lulusan SMA dan MA artinya Ho ditolak dan ini menunjukkan bahwa  tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mahasiswa lulusan SMA dan MA karena signifikansi di atas 0,05 artinya H0 ditolak. Jadi, para dosen yang membimbing mata pelajaran Bahasa Arab agar dapat meningkatkan profesionalismenya dalam mengajar agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kata Kunci : Perbedaan dan Prestasi Belajar