KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN ALI HASJMY (Analisis Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam)
Abstract
Gagasan pemikiran Ḥasjmī masih bertebaran di dalam berbagai karyanya. Gagasan pemikirannya dalam bidang pendidikan, khususnya dalam tentang hakikat dan tujuan pendidikan dapat diungkap dengan melalui content analysis. Hasil kajian menunjukkan bahwa hakikat pendidikan Islam menurut Ḥasjmī penanaman kesadaran beriman dan amal shalih berdasarkan kepada ilmu pengetahuan, sehingga manusia menjadi makhluk sosial yang menghayati ajaran-ajaran Islam dalam segala dimensi kehidupannya. Sementara tujuan pendidikan Islam menurut Ḥasjmī adalah mencakup pembentukan manusia yang bertaqwa kepada Allah, yaitu: Pertama, manusia mukmin yang beramar makruf dan bernahi munkar. Kedua, manusia yang sanggup menggapai kenyataan dan keadaan di lingkungannya dan sanggup bertindak menghadapi segala tantangan hidup dengan tabah. Ketiga, manusia yang berani dan berpegang teguh kepada kebenaran. Keempat, manusia yang memiliki rasa amar makruf dan nahi munkar dan Kelima, manusia yang memiliki rasa keindahan dalam jiwa manusia dan menghargai ketinggian nilai-nilai maknawi dalam kehidupan masyarakat sesuai dengan ajaran Allah Swt. Kata Kunci : Hakikat, Tujuan, Pendidikan, Ḥasjmī