PENGACAU KELAS (TROUBLE MAKERS): SOLUSI DAN PEMECAHAN DALAM PEMBELAJARAN

Abstract

Dalam proses pembelajaran, tidaklah selalu berjalan dengan mulus, kadang kala banyak menimbulkan permasalahan, seperti siswa yang dianggap sebagai pengacau kelas (trouble makers). Menghadapi siswa yang seperti ini, kadang kala seorang guru sering melakukan penanganan yang salah. Karena itu, seorang guru perlu mengetahui pendekatan, langkah dan metode yang tepat, sehingga masalah siswa dapat diselesaikan dengan bijak. Adapun pendekatan yang ditawarkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan rasional, emosional dan fungsional. Sedangkan metode yang digunakan antara lain:  metode uswah, nasehat dan pembiasaan. Sementara langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan pengacau kelas (trouble makers) dapat dilakukan dengan melalui, antara lain: langkah penemuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan dan pemantapan. Kata Kunci : Madrasah, Pendidikan Islam, Modern dan Indonesia