PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VII-4 MTsN Tapaktuan. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya guru masih menggunakan media konvensional serta dominasi guru dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi pasif dan membosankan. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas guru, siswa, hasil belajar, dan respons yang baik, yaitu dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fikih dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII-4 MTsN Tapaktuan Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-4 MTsN Tapaktuan yang berjumlah 22 siswa diambil secara total sampling dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan test. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan secara kolaboratif yaitu pengumpulan data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada aktivitas guru 86% berkategori sangat baik, aktivitas siswa 94% berkategori sangat baik, hasil rata-rata kelas 76,59 dan respons siswa 85,1% yang berkategori sangat baik. Ini artinya penelitian dengan menggunakan media gambar pada materi fikih sudah tuntas pada siklus II. Penelitian ini disarankan kepada rekan guru agar menguasai dan mencoba menerapkan media pembelajaran ,seperti media gambar supaya suasana pembelajaran lebih hidup, bervariasi, dan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kreativitas dan Media Gambar