Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, serta untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan strategi Learning Start With a Question lebih baik daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pringsewu yang berjumlah delapan kelas.dan sampelnya adalah siswa kelas VIII F dan VIII H yang ditentukan dengan cluster rundom sampling. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t dua pihak diperoleh bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Adapun besar perbedaannya adalah 13,44. Berdasarkan analisis data tersebut disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan strategi Learning Start With a Question lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT).