PENGARUH STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Abstract
Salah satu penyebab kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika karena guru belum mengarahkan dan melatih siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dalam proses pembelajaran belum bisa menyelesaikan soal-soal matematika dengan baik. Salah satu strategi untuk membantu siswa memahami dan mengingat materi yang mereka baca yaitu strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R), karena dalam pembelajaran matematika membutuhkan kemampuan membaca dan memahami materi atau pelajaran dengan baik sehingga siswa dapat memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan acak kelas dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran strategi PQ4R dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji-t diperoleh thitung = 6,134 dan ttabel = 2,004. Berdasarkan perhitungan tersebut terlihat bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan H0 ditolak, jadi artinya terdapat pengaruh strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan pemecahan pasalah matematika siswa.