MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Abstract

 Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk dikembangkan. Kemampuan komunikasi matematik merupakan kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahui melalui peristiwa dialog. Pesan yang dialihkan dalam dialog berisi tentang materi matematika yang dipelajari siswa, misalnya berupa konsep, rumus, atau strategi penyelesaian suatu masalah. Peranan komunikasi dalam matematika sangat besar, karena saat para siswa mengkomunikasikan ide, gagasan ataupun konsep matematika, mereka belajar mengklarifikasi, memperhalus dan menyatukan pemikiran. Kemampuan pemecahan masalah matematik merupakan suatu usaha mencari penyelesaian dari kesulitan yang memerlukan kreativitas, pengertian dan pemikiran. Kemampuan pemecahan masalah memerlukan keterampilan pemahaman konsep. Keterampilan-keterampilan tersebut digolongkan berdasarkan tingkat kompleksitasnya dari paling sederhana sampai pada tingkat yang paling kompleks. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematik. Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah dapat dikembangkan secara bersama dalam proses pembelajaran. Melatih siswa supaya  mempunyai kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematik  dapat diupayakan dengan membimbing siswa dengan menyelidiki suatu masalah, menuliskan masalah, memberi keterangan (notasi) ataupun dugaan-dugaan (hipotesis) untuk menjelaskan observasi-observasi dalam matematika.