MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Krisis moral yang melanda berbagai negara belakangan ini bukan hanya terjadi dikalangan non terpelajar, tetapi juga melanda kalangan terpelajar. Banyaknya fenomena dan kasus merosotnya moral anak bangsa diberbagai negara yang disuguhkan di media cetak maupun elektronik menunjukkan gagalnya dunia pendidikan dalam mencetak generasi penerus bangsa. Penanaman karakter religius dalam pembelajaran menjadi salah satu solusi dari permasalahan merosotnya moral anak bangsa. Hakikat pendidikan karakter religius yaitu bagaimana menanamkan nilai-nilai religius ataupun kebiasaan tentang hal-hal yang baik dalam materi pembelajaran untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selama ini pembelajaran hanya sebatas pemahaman kognitif saja, belum memberikan pembelajaran yang bernilai. Begitu pula dengan pembelajaran matematika, peran matematika selama ini hanya sebatas pemahaman siswa terhadap konsep perhitungan dan konsep berfikir matematis. Untuk mengembangkan karakter religius dalam pembelajaran matematika, terlebih dahulu kita harus mengungkap makna dari simbol-simbol dalam matematika. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa model dalam pembelajaran matematika yang dapat membangun karakter religius siswa.