PERAN BERPIKIR KREATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI JOMBANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh berpikir kreatif terhadap prestasi belajar kewirausahaan mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi sebesar apa pengaruh berpikir kreatif terhadap prestasi belajar kewirausahaan mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah metode survey korelasi dengan analisis uji regresi. Populasi adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. Sampel berjumlah 30 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes kreativitas yang terdiri dari 9 butir pertanyaan dan instrumen tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal. Dari perhitungan diperoleh besarnya koefisien relasi atau rhitung adalah 0,604 dan pada taraf signifikansi 5 % sebesar 0,361 maka dapat diketahui bahwa harga rhitung  rtabel berarti ada korelasi signifikan antara berpikir kreatif terhadap prestasi belajar kewirausahaan mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. Dari hasil perhitungan dengan taraf uji hipotesis penelitian diperoleh Fhitung =  16,12  dengan melihat tabel pada pada distribusi F dengan taraf nyata 5 % atau  = 5 % diperoleh Ftabel = 4,20  sehingga  diperoleh bahwa Fhitung  Ftabel. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif berpikir kreatif terhadap prestasi belajar kewirausahaan mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Hasyim Asy’ari Jombang.Kata Kunci: Berpikir; Kreatif; Kewirausahaan; Prestasi