ANALISIS PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SLB DAN PESERTA DIDIK TUNARUNGU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI BANDAR LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan sikap positif komunikasi interpersonal yang dilakukan guru SLB dan peserta didik tunarungu dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling, penelitian ini dilakukan di kelas VIII tunarungu SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung dengan subjek berjumlah 2 orang berdasarkan peserta didik yang mendapat nilai ulangan harian tertinggi dan terendah dan pertimbangan guru kelas.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan tringulasi waktu yang didasarkan ketika hasil dokumentasi berupa foto dan video berbeda maka akan dilakukan secara berulang sehingga ditemukan kepastian data. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik yang memiliki gangguan pendengaran ringan dapat menjalin komunikasi interpersonal yang efektif. Hal ini terlihat saat peserta didik menerima dan memahami materi serta memberi umpan balik dengan baik dan benar saat menjawab pertanyaan dari guru. Sedangkan peserta didik yang memiliki gangguan pendengaran berat mengalami kesulitan saat menjalin komunikasi interpersonal. Hal ini terlihat saat peserta didik kurang tepat dalam menerima dan memahami materi, serta memberi umpan balik dari guru. Selain proses komunikasi interpersonal yang baik, guru dan peserta didik juga memiliki sikap positif yang mendukung komunikasi interpersonal. Adapun sikap positif yang dimiliki yaitu sikap keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan antara satu sama lain.