PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui kualitas Lembar kegiatan Siswa (LKS) pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik materi pecahan kelas V SD/MI, (2) mengetahui respon siswa terhadap LKS pembelajaran Matematika dengan pendekatan saintifik materi pecahan kelas V SD/MI. Penelitian ini mengadaptasi dari metode research and development (R&D) yang dikemukan oleh Borg & Gall. Tahapandalam penelitian ini terdiri dari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk awal, validasi desain, revisi desain, dan produk akhir. Hasil pengembangan ini adalah bahan ajar dalam bentuk Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Pembelajaran Matematika dengan pendekatan saintifik Kelas V SD/MI pada Materi Pecahan. Validasi Produk dilakukan oleh 4 dosen dan 2 guru. Penilaian diberikan dengan menggunakan angket untuk menguji kualitas LKS matematika untuk mengetahui kelayakan produk. Validasi dilakukan sebanyak 2 kali dan direspon oleh siswa kelas V MIN 4 Bandar Lampung dalam uji coba. Hasil akhir penilaian LKS pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik yaitu: penilaian ahli materi memberikan skor rata-rata akhir 94.67% dikategorikan sangat layak, penilaian ahli media memberikan skor rata-rata akhir 88.00% dikategorikan sangat layak, dan penilaian guru MI skor rata-rata 90.40% dikategorikan sangat layak. Hasil uji coba produk menunjukan rata-rata akir kemenarikan siswa pada kategori sangat layak dengan persentase 87.20% dan dapat disimpulkan bahwa siswa merespon positif produk LKS. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan saintifik kelas V materi pecahan yang dikembangankan dapat dijadikan sebagai bahan ajar.