Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Kemampuan Hasil Belajar Matematika Siswa

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers matematika dengan pembelajaran metode model inkuiri terbimbing melalui LKS dengan rata rata dan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Semester Genap MAN 1 Pringsewu sebanyak 4 kelas (XI IPS.1,  XI IPS.2,  XI IPS.3,  XI IPS.4) berjumlah 125 siswa. Adapun sampel dalam peneliian ini adalah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 dengan menggunakan sampel acak (sinple random sampling) penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang diajarkan dengan model inkuri terbimbing melalui LKS   rata-rata hasil belajarnya lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siwa yang diajarkan dengan menggunkan metode ceramah. Perbedaan rata-rata  hasil  belajar  siswa  memberikan makna  bahwa  rata  –  rata  hasil  belajar matematika kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata 76 lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol sebesar 60,406.