Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Disertai Strategi Pembelajaran Concept Mapping Pada Materi Pokok Garis Singgung Lingkaran

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Talking Stick disertai strategi pembelajaran Concept Mapping efektif terhadap materi pokok garis singgung lingkaran dilihat dari Kemampuan guru dalam proses pembelajaran, aktivitas peserta didik  dalam proses pembelajaran, respon peserta didik  setelah proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik  kelas VIII SMP N 1 Pulau Panggung pada materi pokok Garis Singgung Lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Pulau panggung Tahun Pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 256 peserta didik dan terbagi menjadi 8 kelas dimana masing-masing kelas berjumlah 33 peserta didik.  Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel acak klaster (cluster random sampling)yaitu penarikan sampel dari populasi yang telah dikelompokan dan terpilih kelas VIII.A yang berjumlah 33 peserta didik.  Data yang digunakan merupakan hasil belajar peserta didikdiperoleh melalui tes berbentuk uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick disertai strategi pembelajaran Concept Mapping mengefektifkan pembelajaran pada materi pokok garis singgung lingkaran ditinjau dari proses pembelajaran, meliputi kriteria pengamatan kemampuan guru sebesar 84,2%, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran sebesar 76,25%, respon peserta didik sebesar 77,6%, dan ditinjau dari hasil belajar peserta didik ketuntasan secara klasikal sebesar 87,9%.