ANALISIS THE FIVE FORCES STRATEGY PADA AL-MUMTAZ PEDULI PONTIANAK

Abstract

This study discussed the implementation of the strategy management system on zakat management organizations 'Al-Mumtaz Peduli’ Pontianak, West Kalimantan. Using the Five Forces Strategy analysis, the researcher will see to what extent Al-Mumtaz Peduli Pontianak is able to serve its function as a zakat agency competing with other organizations. This study was a field and qualitative research. The data had been obtained through interviews and documentation. This study concludes that Al-Mumtaz Peduli recognized other zakat institutions are partners that can work together to alleviate poverty and social problems. Al-Mumtaz gives services on orphans and wish every village has a religious preacher. Al-Mumtaz Peduli always do a socialization through seminars, mass and electronic media. Relating with collection and distribution of ZISWAF funds, Al-Mumtaz always improves its services to muzaki by giving activity and financial reports socialized by a per-three months’ magazines. *** Penelitian ini membahas implementasi sistem manajemen strategi pada organisasi pengelola zakat ‘Al-Mumtaz Peduli’ Pontianak, Kalimantan Barat. De­ngan menggunakan analisa Five Forces Strategy, peneliti akan melihat sejauh mana Al-Mumtaz Peduli Pontianak mampu menjalankan fungsinya sebagai organisasi pengelola zakat ditengah persaingan dengan lembaga zakat yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan kualitatif. Sedangkan data didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Al-Mumtaz Peduli memandang organisasi pengelola zakat yang lain adalah mitra, supaya dapat bersinergi dalam mengentaskan kemiskinan social problem. Al-Mumtaz fokus segmen layanannya pada anak yatim dan berharap setiap desa ada memiliki satu dai. Al-Mumtaz Peduli harus selalu melakukan sosialisasi, baik melalui seminar, media massa dan elektronik. Dalam hal pengumpulan dan penyaluran dana ZISWAF dan Al-Mumtaz selalu meningkatkan pelayanan kepada muzaki berbentuk laporan kegiatan dan keuangan berbentuk majalah yang disampaikan per tri wulan.