PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR
Abstract
<p><em>Masa kehidupan anak sebagian besar berada dalam lingkungan keluarga. Karena itu, keluargalah yang paling menentukan terhadap masa depan anak, begitupula corak anak dilihat dari perkembangan sosial, psikis, fisik, dan relegiusitas juga ditentukan oleh keluarga. Sebagaimana yang terjdi di blok dua</em><em> desa Cisaat Kabupaten Cirebon</em><em> para orang tua memperhatikan anaknya walaupun sebagian besar kesibukan sebagai ibu rumah tangga tidak mengurangi perhatian terhadap sang anak pada pendidikannya.</em><em> Pe</em><em>nelitian ini </em><em>bertujuan untuk mengetahui</em><em> bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan orang tua dengan anak dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana imbauan pesan orang tua terhadap anak dalam memberikan motivasi belajar, serta sejauh mana efektifititas imbauan pesan orang tua dalam memberikan motivasi belajar anak.</em><em> </em><em>Metodologi yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif, adapun pendekatannya menggunakan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, pengamatan, dan dukumentasi. Hasil penelitian ini di simpulkan bahwa peran komunikasi interpersonal yang terjadi antara orang tua dengan anak adalah adanya sebuah keakraban antara orang tua dan anak, adanya kesepakatan yang terjalin antara orang tua dan anak, ketepatan respon orang tua terhadap anak maupun sebaliknya, dan nada bicara yang tepat ketika melakukan komunikasi dengan anak maupun sebaliknya. Sementara itu imbauan pesan dilakukan dengan cara menyampaikan pesan berulang-ulang, menggunakan bahasa yang lugas dan jelas, dan memberikan contoh suri tauladan kepada sang anak, adapun efektifitas terwujud dikarenakan adanya waktu situasi dan tempat yang tepat dan konsistensi dari orang tua.</em></p><p> </p><p><em>Kata kunci: </em><em>imbauan;</em><em> interpersonal; orang tua; anak; motivasi belajar</em></p>