PENERAPAN TEKNIK PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 46 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dengan teknik pemecahan masalah model polya siswa kelas VIII SMP Negeri 46 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Populasi yang di gunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 46 Palembang tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah siswa 317 orang. Dari delapan kelas di ambil dua kelas sampel yaitu kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Dengan penentuan sampel teknik purposive sampling. Analisis data tes menggunakan uji hipotesis. Berdassarkan hasil analisis dapat di simpulkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika setelah di terapkannya teknik pemecahan masalah model polya di dapatkan rata-rata kelas eksperimen 70,7 lebih besar dari kelas kontrol 57,1, dimana thitung = 2,963 > ttabel = 1,664 dengan