PENGARUH HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA MATA KULIAH PENGANTAR DASAR MATEMATIKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar menggunakan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada mata kuliah pengantar dasar matematika. Model CIRC adalah gabungan program membaca, menulis dengan menggunakan pembelajaran baru dalam pemahaman bacaan dengan menulis. Keberhasilan model CIRC sangat bergantung dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Penelitian ini tidak menggunakan kelas pembanding namun sudah menggunakan test awal sehingga besarnya penggaruh model cooperative integrated reading and composition (CIRC) dapat diketahui secara pasti. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Taman siswa semester satu. Peneliti mengambil salah satu materi pada mata kuliah pengantar dasar matematika yaitu materi fungsi. Untuk mendapatkan data yang diperlukan digunakan teknik tes dalam pengumpulan data. Data terdiri atas hasil tes sebelum menggunakan model CIRC dan setelah menggunakan model CIRC. Setelah semua data terkumpul maka data tersebut akan diolah dan dianalisis sehingga dari pengelolaan data tersebut akan ditarik kesimpulan untuk membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan. Sebelum melakukan pengujian hipotesis dilakaukan pengujian normalitas dan uji homogenitas data. Pada pengujian normalitas diperoleh keputusan uji bahwa populasi berdistribusi normal. Dan pada pengujian homogenitas diperoleh keputusan uji bahwa populasi memiliki varians yang homogen. Pada Pengujian hipotesis didapatkan nilai yaitu -6,92 dan yaitu 2,1009. Dengan kriteria terima Ho jika maka -6,92 < 2,1009 atau . Hal ini berarti pengujian hipotesis berada pada daerah penolakan Ho atau menerima Ha. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa ada pengaruh hasil belajar menggunakan model cooperative integrated reading and composition pada mata kuliah pengantar dasar matematika.