MENGONTROL AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MEMUNCULKAN SOAL BERPIKIR KRITIS

Abstract

Mempertimbangkan hal yang merupakan tujuan dari pembelajaran matematika yaitu berpikir kritis dan kreatif (Karso, 2005), maka dirasa perlu untuk merumuskan indikator soal berpikir krtis sebagai salah satu langkah membiasakan siswa untuk berpikir krtis dan menjadikan dasar berpikir bahwasanya seorang guru harus mendominasi soal matematika dengan tipe soal berpikir kritis sebagai langkah untuk menciptakan efektivitas dan kebermaknaan dalam proses pembelajaran. Kajian ini bertujuan agar ketika kita menginginkan siswa untuk melakukan aktivitas berpikir kritis maka kita harus memunculkan soal-soal berpikir kritis. Indikator aktivitas berpikir kritis tentunya menjadi kontrol dalam proses pembelajaran. Maka indikator soal berpikir kritis dan indikator aktivitas berpikir kritis harus dirancang sebelum kita melakukan proses pembelajaran.