PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MAPLE PADA MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berbantuan Maple pada matakuliah Kalkulus Integral yang valid untuk belajar mahasiswa terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru. Desain penelitian ini adalah non equivalent control group design. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran berbantuan Maple dan kelas kontrol diberikan pembelajaran langsung. Data penelitian yang digunakan adalah instrumen dengan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa calon guru semester II Pendidikan Matematika di salah satu PTS dengan sampel dipilih mahasiswa semester II yang diambil dua kelas berdasarkan sampel jenuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru pada matakuliah kalkulus integral yang memenuhi kriteria efektif. Data dari variabel keterampilan proses diambil dengan pengamatan, sedangkan data dari variabel kemampuan komunikasi matematis diambil dengan tes. Data dianalisis kuantitatif, posttest data kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru. Hasil memperlihatkan bahwa, (1) ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru yang memperoleh pembelajaran berbantuan Maple lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran langsung. (2) Kualitas kemampuan komunikasi matematis pada kelompok mahasiswa yang mempeoleh pembelajaran berbantuan Maple termasuk kedalam kategori tinggi, sedangkan kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran langsung termasuk ke dalam kategori sedang.