KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG PADA MATA KULIAH GEOMETRI ANALITIK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berpikir logis mahasiswa pendidikan matematika universitas PGRI Palembang pada mata kuliah geometri analitik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metodologi penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada Desember 2016  sampai Februari 2017 di Universitas PGRI Palembang. Subjek dalam penelitian ini  adalah mahasiswa semester III Kelas A Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2016/2017, yang sedang mengikuti mata kuliah geometri analitik. Teknik pengumpulan data berupa tes. Tes dibuat dalam bentuk soal dengan jawaban berupa uraian yang mengacu pada indikator berpikir logis. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, perhitungan statistika deskriptif dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis mahasiswa matematika Universitas PGRI Palembang pada mata kuliah geometri analitik Tahun Ajaran 2016/2017 secara keseluruhan sebesar 59,61 yang termasuk dalam kategori sedang