PENGEMBANGAN SOAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KONEKSI ANTAR TOPIK MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan soal-soal pilihan ganda yang valid dan praktis untuk mengukur kemampuan koneksi matematis antar materi siswa SD dan untuk mengetahui efek potensial soal pilihan ganda tersebut terhadap kemampuan koneksi matematis antar materi siswa SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) tipe formative evaluation. Subjek penelitian ini yaitu siswa SD Palm Kids kelas V sebanyak 20 siswa. Untuk mengetahui validitas soal baik secara konseptual maupun empiris dan kepraktisan soal digunakan teknik dan instrumen pengumpulan data walkthrough, sementara untuk mengetahui efek potensial soal pilihan ganda terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dilakukan dengan wawancara. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan produk berupa soal-soal pilihan ganda pelajaran matematika untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa SD yang valid dan praktis