PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 PRABUMULIH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Prabumulih. Populasi penelitian ini sebanyak 8 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Prabumulih. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen, sedangkan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Kemampuan pemahaman konsep matematis dilihat dari nilai posttest dari soal tes sebanyak 5 butir. Untuk motivasi belajar siswa dilihat dari nilai angket motivasi belajar sebanyak 28 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji dua pihak dilihat dari Independen Sample T-Test pada program SPSS Versi 23 For Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Prabumulih.