Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan Kelas VII berdasarkan langkah penyelesaian Polya terdiri dari empat langkah, yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan menyusun rencana, kesalahan melaksanakan rencana, dan kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Mempura berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan, yaitu kesalahan memahami masalah sebesar 5,33%, kesalahan menyusun rencana sebesar 32,66%, kesalahan melaksanakan rencana sebesar 40 %, dan kesalahan mengecek kembali jawaban sebesar 22 %. Pada penelitian ini kesalahan terbesar dilakukan pada langkah melaksanakan rencana. Penelitian ini dapat menjadi kajian referensi penelitian selanjutnya.