TOTAL QUALITY MANAJEMEN UNTUK PENINGKATAN MUTU MADRASAH
Abstract
Fokus utama naskah ini adalah gagasan tentang penterapan Total Quality Manajemen untuk peningaktan mutu madrasah. Pembahasan menggunakan analitis kritis sebagai pengembangan dari metode deskriptif. Objek kajian adalah gagasan atau ide. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah book survey atau library research. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas madrasah, salah satunya melalui penterapan manajerial berbasis peningkatan mutu. Implementasi Total Quality Manajemen untuk peningkatan mutu madrasah dapat diidentifikasi dari karakteristik TQM di madrasah meliputi Efektifitas proses belajar mengajar tinggi; kepemimpinan madrasah kuat; pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif; madrasah memiliki budaya mutu; madrasah memiliki teamwork yang kompak, cerdas dan dinamis; madrasah memiliki kemandirian; partisipasi warga madrasah; madrasah memiliki transparansi menejemen; madrasah memiliki kemauan untuk berkembang; madrasah melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan; madrasah responsip dan antisipatif terhadap kebutuhan; madrasah memiliki akuntabilitas. Adapun strategi penterapan TQM di madrasah dapat diidentifikasi melalui kesatuan tujuan, concern pada kualitas, fokus pada peserta didik, komitmen jangka panjang, kerjasama tim (teamwork), perbaikan sistem secara berkesinambungan dan adanya pelibatan dan pemberdayaan seluruh SDM.