MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Abstract
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik. Sehingga pengembangan kurikulum yang dilaksanakan setiap satuan pendidikan menyesuaikan dengan kebutuhan madrasah. Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen pengembangan kurikulum. Metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTs Al-Falah Cicalengka telah melakukan pengembangan kurikulum dengan proses (1) perencanaan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dengan dibantu oleh Pembantu Kepala Madrasah, (2) pelaksanaan pengembangan kurikulum dilakukan melalui proses pembelajaran di dalam kelas yang mengacu kepada silabus dan RPP, (3) hasil pengembangan kurikulum berupa pengembangan kurikulum 2013 menjadi kurikulum 2013 revisi, (4) evaluasi pengembangan kurikulum oleh kepala madrasah dilaksanakan dalam jangka waktu satu semester dan evaluasi oleh guru bidang studi dilaksanakan setiap selesai proses pembelajaran.Kata Kunci : Manajemen, Pengembangan Kurikulum, Madrasah